Media pembelajaran AP
MEDIA PEMBELAJARAN
ADMINISTRASI PERKANTORAN
Nova Amalia Anggarita
7101418253
Dosen : Agung Kuswantoro S.Pd.,M.Pd
Media yang ingin saya gunakan
PENGGUNAAN MINIATUR BENTUK SURAT DALAM PEMBELAJARAN KORESPONDENSI
Pengertian media pembelajaran adalah segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan kemudian media pembelajaran digunakan untuk menarik perhatian dan membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran serta mempermudah siswa untuk memahami materi yang disampaikan. Atau secara umum media adalah bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran disekolah pada khususnya. Pemanfaatan media pembelajaran yang optimal perlu didasarkan pada kebermaknaan dan nilai tambah yang dapat diberikan kepada siswa melalui suatu pengalaman belajar di sekolah. Dengan demikian, dengan adanya media pembelajaran dapat membantu guru memfasilitasi kegiatan belajar mengajar agar proses belajar lebih mudah, memperjelas materi pembelajaran dengan beragam contoh yang konkret melalui media serta memfasilitasi interaksi dan memberi kesempatan praktek kepada siswa.
Pada jurusan administrasi perkantoran kita mampu menggunakan berbagai macam media sesuai dengan mata pelajaran dan yang dianggap mudah bagi peserta didik agar mampu menerima ilmu yang disampaikan. Untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep dan format surat menyurat menyurat makan Saya akan menggunakan PENGGUNAAN MINIATUR BENTUK SURAT DALAM PEMBELAJARAN KORESPONDENSI
Disini untuk menerapkan media tersebut saya akan menggunakan mata pelajaran Korespondensi pada Materi Tata Laksana Pembuatan Surat/Naskah/ Dokumen sehingga dengan media ini siswa tidak akan mengalami kesulitan ketika membuat surat formal atau informal atau naskah lainya yang terkait korespondesi karena pada konsep dan penggunaan media ini siswa diberikan keleluasaan berkreasi dalam menulis surat nantinya di kertas aturo dan mampu menjelaskan Nantinya Media ini digunakan untuk mengasah keterampilan siswa dalam tugas individu yang diberikan oleh guru untuk penenilian keterampilan siswa dan kemudian hasil dari tugas ini akan dipresentasikan oleh siswa didalam kelas agar siswa dapat saling mengevaluasi hasil kerja teman dan guru akan memberikan masukan dan penilian dari setiap hasil yang dipresntasikan.
Mengapa saya menggunakan MINIATUR BENTUK SURAT DALAM PEMBELAJARAN KORESPONDENSI
Karena pada pembelajaran Korespondensi dalam materi tata laksana pembuatan surat/naskah/dokumen dimana lebih cenderung dalam pembuatan surat menyurat secara formal atau non formal sehingga Mata pembelajaran Korespondesi saya mencoba untuk menggunakan dengan media yang kreatif dan tidak membosankan seperti miniatur surat. Media yang sudah tidak asing lagi bagi siswa sekolah menengah kejuruan dan sangat mudah untuk digunakan maka siswa tidak akan kesulitan ketika menggunakan media ini sehingga akan membuat siswa lebih fokus pada format pembuatan surat formal maupun non formal yang sesuai aturan dan akidah pembuatan surat bukan fokus terhadap bagaimana cara menggunakan medianya
PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN.
1. Penilaian Sifat Religius
Pada penilain ini dapat meliputi ;
· berdoa sebelum dan sesudah belajar
· Mensyukuri atas karunia Tuhan dan memberikan
· Memberi salam ketik sebelum dan sesudah presentasi
(Ketentuan skor diisi oleh guru dengan cara mengamati siswa)
4 =Selalu,apabila terus menerus melaksanakan aspek yang diamati.
3 =Sering, Apabila cenderung lebih banyak melaksanakan aspek yang diamati
2 = Kadang- kadang, apabila cenderung lebih sedikit melaksanakan aspek yang diamati
1 = tidak pernah,apabila tidak pernah melaksanakan aspek yang diamati.
· Rumus Skor Akhir Dengan menggunakan Sekala 1 – 4
· Skor Akhir = (Skor yang diperoleh/skor tertinggi ) X 4
· Keterangan
Sangat baik = 3,34 – 4,00
Baik = 2,66 – 3,33
Cukup = 1,66 – 2,65
Kurang = < 1,66
2. PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Penilaian ini meliputi :
· Ketekunan belajar
· Tanggung jawab
· Keramahan dan keaktifan
· Kejujuran
· Kepedulian
· Kerjasama
(Ketentuan skor diisi oleh guru dengan cara mengamati siswa)
4 =Selalu,apabila terus menerus melaksanakan aspek yang diamati.
3 =Sering, Apabila cenderung lebih banyak melaksanakan aspek yang diamati
2 = Kadang- kadang, apabila cenderung lebih sedikit melaksanakan aspek yang diamati
1 = tidak pernah,apabila tidak pernah melaksanakan aspek yang diamati.
· Rumus Skor Akhir Dengan menggunakan Sekala 1 – 4
· Skor Akhir = (Skor yang diperoleh/skor tertinggi ) X 4
· Keterangan
Sangat baik = 3,34 – 4,00
Baik = 2,66 – 3,33
Cukup = 1,66 – 2,65
Kurang = < 1,66
3. PENILAIAN PENGETAHUAN
Penilian ini meliputi ;
· C1 ; Memahami
· C2 ; mengingat
· C3 ; mengingat
· C4 ;Menganalisis
· C5 ; Menganalisis
SOAL TERTULIS
1) Jelaskan pemahaman anda mengenai surat menyurat sebagai alat komunikasi
2) Sebutkan fungsi surat selain sebagai alat komunikasi
3) Sebutkan 4 macam penggolongan surat menurut sifatnya
4) Sebutkan penggolongan surat berdasarkan wujudnya
5) Apa yang dimaksud dengan telegram ? jelaskan
Pedoman penskoran sebagai berikut;
(jawaban yang paling mendekati kunci jawaban/jawaban paling benar,Kemudian total nilai dijumlahkan)
|
NOMOR SOAL |
BOBOT PENILAIAN |
|
1
|
20 |
|
2
|
20 |
|
3
|
20 |
|
4
|
20 |
|
5
|
20 |
· Sangat Baik (A) ; Apabila menunjukan skor 91 – 100
· Baik (AB) ; Apabila menunjukan skor 76 – 90
· Cukup (B) ; Apabila menunjukan skor 61 – 75
· Cukup baik (BC) ; Apabila menunjukan skor 56 – 60
· Kurang (K) ; Apabila menunjukan skor < 56
4. PENILAIAN KETERAMPILAN
Untuk Penilaian keterampilan, guru memberikan tugas kepada peserta didik secara individu kemudian dijelaskan tugas mengenai membuat Surat Formal dan Non Formal dengan menggunakan Microsoft Word sesuai tata cara dan akidah membuat surat secara resmi pada surat formal dan bebas pada surat Non Formal kemudian siswa dapat mempresentasikan hasilnya didalam kelas.
Aspek yang dinilai Meliputi
· Pemahaman dalam menggunakan Media
· Pemahaman dalam memahami tata cara dan aturan membuat Surat Formal dan Non Formal
· Pemahaman dan kecakapan saat mempresentasikan hasil
Pedoman penilian
· Sangat Baik (A) ; Apabila menunjukan skor 91 – 100
· Baik (AB) ; Apabila menunjukan skor 76 – 90
· Cukup (B) ; Apabila menunjukan skor 61 – 75
· Cukup baik (BC) ; Apabila menunjukan skor 56 – 60
· Kurang (K) ; Apabila menunjukan skor < 56



Komentar
Posting Komentar