ADMINISTRASI PERKANTORAN BERBASIS DIGITAL
04 Mei 2021
UTS ADMINISTRASI PERKANTORAN BERBASIS DIGITAL
Selasa Jam 07.00
Dosen Pengampu : Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd.
Oleh : Nova Amalia Anggarita / 7101418253
PERENCANAAN WEB DAFTAR PENGUNJUNG KELUAR MASUK RUANG LABORATORIUM KIMIA MIPA – UNNES
A. Latar Belakang
Perguruan Tinggi merupakan jenjang
pendidikan tinggi dalam sistem pendidikan nasional di mana merupakan kelanjutan
pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik anak
bangsa untuk menjadi individu yang memiliki kemampuan akademis dan professional
yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Berdasarkan Pasal 1 ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014,
Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan
tinggi yang berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Sebagai Lingkungan
pendidikan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Begitu juga kampus
sebagai tempat mahasiswa menimba ilmu dan memperoleh berbagai pengalaman.
Proses menimba ilmu sangat memerlukan berbagai literatur, buku, jurnal,
majalah, dan sebagainya yang digunakan untuk menunjang pembelajaran, rujukan,
serta sumber informasi berbagai ilmu pengetahuan.
Menurut Jafarmadina 2012, laboratorium yaitu tempat riset
ilmiah eksperimen. Pengukuran atau pelatihan ilmiah yang dilakukan laboratorium
biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut
secara terkendali. Pengertian laboratorium sebagai sumber belajar. Pengertian
laboratorium sebagai sumber belajar suatu tempat dimana dilakukannya kegiatan
kerja untuk menghasilkan kamar, ruangan terbuka. Misal kebun dan lain-lain.
Jika ditilik dari pengertian tersebut hakikat laboratorium adalah tempat untuk
melakukan kegiatan praktikum. Penelitian pelayanan masyarakat dan menunjang
kegiatan belajar mengajar. Laboratorium ilmiah biasanya dibedakan menurut
disiplin ilmunya. Misal laboratorium fisika. Laboratorium kimia, laboratorium
komponen dan lain-lainnya. Pengertian laboratorium sebagai sumber belajar.
Pengertian laboratorium sebagai sumber belajar suatu tempat dimana dilakukannya
kegiatan kerja untuk menghasilkan kamar, ruangan terbuka. Misal kebun dan
lain-lain. Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui media praktikum
yang dapat menghasilkan pengalaman belajar dimana siswa berinteraksi dengan
berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati
secara langsung dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Tingkat kebermaknaan yang optimal dalam
pembelajaran sains bagi mahasiswa dapat diperoleh jika siswa memiliki kemampuan
literasi sains yang baik. Literasi sains didefinisikan sebagai kapasitas untuk
menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik
kesimpulan berdasarkan fakta dalam rangka memahami alam semesta dan
perubahannya akibat dari aktivitas manusia (OECD, 2001)
Laboratorium perlu dilestarikan karena berperan penting
mendorong efektivitas serta optimalisasi proses belajar melalui penyelenggaraan
berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan. Fungsi pengadaan / pengembangan
media pembelajaran. Tujuan laboratorium sebagai salah satu sumber belajar harus
menjadi perhatian utama pengelola laboratorium. Untuk mencapai tujuan tersebut
perlu dilakukan suatu manajemen pelayanan yang berfokus pada pembelajaran
sebagai pelanggan. Pelayanan harus memperhatikan dan menerapkan kaidah manajemen
kualitas pelayanan.
Ada 4 alasan yang menguatkan peran laboratorium dalam
pembelajaran di kampus antara lain (Rustaman, 1995)
a)
Praktikum membangkitkan motivasi belajar
sains. Dalam belajar, mahasiswa dipengaruhi oleh motivasi. mahasiswa yang
termotivasi untuk belajar akan bersungguh-sungguh dalam mempelajari sesuatu.
Melalui kegiatan laboratorium, siswa diberi kesempatan untuk memenuhi dorongan
rasa ingin tahu dan ingin bisa. Prinsip ini akan menunjang kegiatan praktikum
di mana mahasiswa menemukan pengetahuan melalui eksplorasi.
b)
Praktikum mengembangkan keterampilan dasar
melakukan eksperimen. Kegiatan eksperimen merupakan aktivitas yang banyak
dilakukan oleh ilmuwan. Untuk melakukan eksperimen diperlukan beberapa
keterampilan dasar seperti mengamati, mengestimasi, mengukur, membandingkan,
memanipulasi peralatan laboratorium, dan ketrampilan sains lainnya. Dengan
adanya kegiatan praktikum di laboratorium akan melatih siswa untuk
mengembangkan kemampuan bereksperimen dengan melatih kemampuan mereka dalam
mengobservasi dengan cermat, mengukur secara akurat dengan alat ukur yang
sederhana atau lebih canggih, menggunakan dan menangani alat secara aman,
merancang, melakukan dan menginterpretasikan eksperimen.
c)
Praktikum menjadi wahana belajar pendekatan
ilmiah. Para ahli meyakini bahwa cara yang terbaik untuk belajar pendekatan
ilmiah adalah dengan menjadikan mahasiswa sebagai ilmuwan. Pembelajaran sains
sebaiknya dilaksanakan melalui pendekatan inkuiri ilmiah (scientific inquiry)
untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta
mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu
menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan
dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah
d)
Praktikum menunjang materi pelajaran.
Praktikum memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menemukan teori, dan
membuktikan teori. Selain itu 6 praktikum dalam pembelajaran sains dapat
membentuk ilustrasi bagi konsep dan prinsip sains. Dari kegiatan tersebut dapat
disimpulkan bahwa praktikum dapat menunjang pemahaman mahasiswa terhadap materi
pelajaran
Manfaat
laboratorium yaitu sebagai sumber belajar dan mengajar sebagai metode
pengamatan dan metode percobaan. Sebagai prasarana pendidikan atau sebagai
wadah dalam proses belajar mengajar. Menurut Sukarso, secara garis besar
laboratorium dalam proses pendidikan adalah sebagai berikut:Sebagai tempat
untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan
pengamatan, pencatatan dan mengkaji gejala-gejala lain.
a.
Mengembangkan keterampilan motorik siswa,
siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang
tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
b.
Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal
sikap ilmiah seseorang ilmuan.
c.
Memberi rasa percaya diri sebagai akibat
keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.
d.
Memberi rasa percaya diri sebagai akibat
keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya
Dengan pentingnya fungsi dan manfaat ruangan laboratorium tersebut, maka diperlukanya penjagaan untuk memelihara aset dan alat barang didalam laboratorium tersebut. Sehingga dibutuhkanya suatu aplikasi untuk menunjang kelancaran penggunnaan laboratorium agar lebih terkontrol salah satunya daftar pengujung laboratorium unnes agar Ketika terjadi kehilangan atau suatu kerusakan terhadap barang barang laboratorium dapat dilihat dari daftar pengujung laboratorium sehingga mudah untuk meminta pertanggungjawaban. Oleh karena itu saya ingin membuat aplikasi daftar pengujung keluar masuk laboratorium unnes dan dengan melihat dari pengamatan kondisi di lapangan, maka saya mencoba untuk mengidentifikasi daftar pengunjung laboratorium kimia unnes untuk mengurangi pengunjung illegal yang dapat merugikan laboratorium seperti pencurian perusakan barang dan lain lain.
Dengan latar belakang permasalahan tersebut saya tertarik untuk merancang web keluar masuk daftar pengunjung laboratorium. Kemudian didalam web tersebut akan ada data dari pengunjung untuk melengkapi keperluan memasuki laboratorium dan terdapat waktu kapan pengunjung memasuki laboratorium tersebut dan kapan pengujung tersebut keluar dari ruang laboratorium secara otomatis akan tersistem. Berikut gambaran yang ingin saya buat
Walaupun pengetahuan
masih awam, Saya akan mecoba dan belajar untuk mempelajari berbagai sistem
seperti XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak system
operasi , merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai
server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP
Server, Mysql database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan Bahasa
pemograman PHP dan Perl. CSS adalah salah satu bahasa
desain web (style sheet
language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang
ditulis dengan menggunakan penanda (markup
language) dan PhpMyAdmin
merupakan aplikasi web yang bersifat open source (sumber terbuka) sejak pertama
dibuat dan dikembangkan. Dengan dukungan dari banyak developer dan translator,
aplikasi web phpMyAdmin mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan
ketersediaan banyak pilihan bahasa.
A.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dapat
dirumuskan masalah yang terjadi aplikasi apa yang tepat untuk mengindentifikasi
pengunjung keluar masuk laboratorium kimia mipa- unnes?
B.
Tujuan
Tujuan dari pengidentifikasian di
lapangan yang telah saya lakukan dengan wawancara adalah agar dapat mengetahui
infromasi jumlah dan nama pengujung laboratorium kimia unnes.
C.
Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dari hasil pengidentifikasian ini agar dapat menciptakan suatu sistem daftar pengunjung laboratorium kimia unnes agar terhindar dari pengunjung illegal yang dapat merusak sarana dan prasarana laboratorium.
A.
Hasil
Identifikasi Sementara
CONTOH
SEMENTARA DAFTAR PENGUNJUNG LABORATORIUM KIMIA MIPA-UNNES
Akan tetapi data yang akan
saya buat akan berisi Keterangan sebagai berikut :
a)
No.
Nomor
disini adalah urutan nomor, untuk mengetahui berapa jumlah peminjam
b)
Nama
pengunjung
Untuk
mengidentifikasikan daftar nama pengunjung, Nama Pengunjung Berisi nama lengkap
c)
Asal
Fak./Jur./Prodi
Berisi
dari Fakultas, Jurusan, dan Prodi apa
d)
NIM/NIP
NIM
diisi jika pengunjung adalah mahasiswa, sedangkan NIP diisi jika pengunjung adalah dosen maupun pegawai di Universitas
Negeri Semarang.
e)
Tanggal
Tanggal
berisi kapan penjunjung memiliki keperluan di laboratorium
f)
Jam
masuk
Waktu
kapan pengunjung memasuki ruang laboratorium
g)
Jam
keluar
Waktu
kapan pengunjung keluar dari ruang laboratorium
h)
Keperluan
Keperluan
pengunjung mendatangi ruang laboratorium


Komentar
Posting Komentar